Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Cilodong
Puskesmas
  • Puskesmas Cilodong
2024-04-01 09:40:59

Hari Air Sedunia

  • HARI AIR SEDUNIA

    Hari Air Sedunia adalah perayaan tahunan yang diperingati setiap tahunnya pada 22 Maret sejak tahun 1993 oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berfokus pada betapa pentingnya air di dalam hidup kita. Air merupakan salah satu hal terpenting yang dibutuhkan seluruh makhluk hidup. Sebagaimana kita ketahui, bahwa akses terhadap air adalah hak asasi manusia. Namun, menurut PBB 2,2 miliar orang hidup tanpa layanan air minum yang dikelola dengan aman, yang berdampak buruk bagi kehidupan mereka dan masyarakat luas.

    Siklus air yang dikelola dengan baik mendasari kemajuan dalam Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030, khususnya yang berkaitan dengan kelaparan, kesetaraan gender, kesehatan, pendidikan, mata pencaharian, berkelanjutan dan ekosistem. Tanpa tata kelola air yang baik, kemungkinan besar akan terjadi peningkatan persaingan antar sektor untuk mendaparkan air dan meningkatkan berbagai jenis krisis air, sehingga memicu keadaan darurat di berbagai sektor yang bergantung pada air.

    Berdasarkan informasi dari laman United Nations Economic Commission for Europe (UNECE), Hari Air Sedunia 2024 mengusung tema Leveraging Water for Peace atau Memanfaatkan Air untuk Perdamaian. Berikut tiga pesan utama Hari Air Sedunia 2024.

    1.      Air dapat menjadi alat perdamaian ketika masyarakat dan negara bekerja sama dalam memanfaatkan sumber daya bersama yang berharga ini.

    2.      Air dapat membawa kita keluar dari krisis air. Hal ini dapat dimulai dengan memupuk keharmonisan  antara masyarakat dan negara dengan bersatu dalam penggunaan air yang adil dan berkelanjutan – mulai dari konvensi PBB di tingkat internasional, hingga tindakan di tingkat lokal.

    3.      Hari Air Sedunia 2024 adalah tentang bekerja sama untuk menyeimbangkan kebutuhan semua orang, dengan dedikasi untuk memastikan tidak ada seorang pun yang tertinggal, untuk menjadikan air sebagai katalis bagi dunia yang lebih damai.

Download File