Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Cilodong
Puskesmas
  • Puskesmas Cilodong
2024-02-23 10:32:06

Hari Kanker Dunia

  • World Cancer Day atau yang biasa kita sebut sebagai hari kanker sedunia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 4 Februari dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan kita terhadap penyakit tersebut. Kanker ialah kondisi medis berupa tumbuhnya sel abnormal dan ganas di dalam tubuh yang menyebabkan jaringan tubuh yang normal menjadi rusak. Tubuh kita memiliki triliunan sel yang tersebar pada setiap bagian dan orang, normalnya sel-sel akan terus tumbuh dan sel yang tidak sehat akan tua dan mati secara alami. Akan tetapi sel kanker tidak akan mati secara alami dan terus memperbanyak diri hingga tidak bisa dikendalikan jumlahnya.

    Kanker menjadi penyebab kematian terbesar kedua di dunia, dan menyebabkan 9,6 juta kematian pada setiap tahunnya. Gejala kanker meliputi rasa sakit, penurunan berat badan tanpa sebab, kelelahan, demam, perubahan pada kulit, luka yang tidak sembuh, pendarahan yang tidak biasa, anemia. seseorang yang memiliki riwayat keluarga terkena kanker, usia diatas 65 tahun, kurang aktivitas fisik, pola makan yang tidak sehat, memiliki kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, dan seks yang tidak aman, dan lingkungan hidup yang banyak berkontaminasi dengan bahan kimia berbahaya lebih rentan untuk mengidap penyakit kanker.

    Kanker bisa dicegah dengan beberapa cara, yaitu:

    1. Cek kesehatan secara rutin

    2. Berhenti merokok

    3. Mengonsumsi makanan sehat

    4. Batasi daging olahan

    5. Pertahankan berat badan ideal

    6. Rutin berolahraga

    7. Kelola stress

    Diharapkan dengan diperingatinya 4 Februari sebagai hari kanker sedunia kesadaran masyarakat terhadap bahayanya kanker dapat meningkat, dan terus melakukan upaya pencegahan terhadap penyakit kanker. Selain itu, hari kanker sedunia juga diharapkan dapat memberikan semangat kepada para penderita kanker untuk terus hidup sehat yakin akan kesembuhannya.

Download File